.

Kamis, 12 April 2012

Apa Itu Komputasi Modern



apaan tuh komputasi ??? tubuh orang diptong y ??? itu mah amputasi bro. ni artinye komputasi versi aye,,,komputasi merupakan sebuah proses algoritma yang memecahkan masalah dari data yang dimasukkan sampai menjadi hasil dari proses yang telusuri. nah terus modern maksudnye suatu hal yang baru dan pastinsya lebih memudahkan pengguna. jadi komputasi modern yaitu sebuah proses pemacahan maslah menggunakan alat yang baru/ mudah digunakan seperti halnya komputer. nah kenapa begitu ?? coba dah nt baca penggalan sejarah berikut ini. moga-moga pada paham ye,,,,,

Kata “komputer” pertama kali di perdengarkan kepada public pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya. Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi.

Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme. Ini adalah inti dari programmability.


Tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ilmu komputer dan komputasi modern, John Von Neumann-lah orangnya. John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.
nah lumayan paham kan ?? y alhamdulillah lah kalo dikit-dikit paham dari tidak sama sekali ^_^

sumber :
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718762

Me & Friends